Kamis, 27 Maret 2014

Laporan Kunjungan Dan Perkembangan Seni Rupa Indonesia






Nama Kelompok :
1.    Rifza Fatullah R (31)
2.    Risky Baihaqi (32)
3.    Nur Firman (29)
4.    Satriya Adiluhung J (34)
5.    Adi Putra M (02)
6.    Nawastara Catur (28)



SegalapujikepadaTuhan Yang Mahakuasaatasselesainyapenyusunanmakalahini.Semogakehadiranmakalahinibermanfaatbagipeningkatankualitaspendidikandansemuapihak yang terlibatdalamkegiatanbelajarmengajar.
Berdasarkankompetensiintidankompetensidasarmateridisusundenganmemperhatikankejelasandankesantunanberbahasasehinggatujuanpembelajarandapattercapai. Materi yang disampaikanmudahdipahami.
Kami sampaikanterimakasihkepadasemuapihak yang telahmenggunakanmakalah. Semogamakalahinidapatberperanmeningkatkankualitaspedidikandangenerasipenerus yang dapatmenjadikan Indonesia yang adildanmakmur.












SEJARAH PERKEMBANGAN SENI RUPA

Perkembangansenirupadapatdirunutsejakzamanpurbakalahingga era modern. Secaragarisbesar, sejarahsenirupaterbagidalambeberapaperiodesebagaiberikut:
Ø  SeniRupaZamanPrasejarah
Senirupadapatdikatakansebagaibagianbudaya yang tua. Dalambatas-batastertentu, senirupatelahadasejakmanusiamengenalperadaban. Karya-karya yang dimaksudditemukandalambentukgerabah yang diberi ornament hiastertentu, patung-patungleluhurmasyarakatprasejarah, sertacatatan-catatan (dalambentukgambar) yang digoreskanpadadinding-dindinggoa.
Padaakhirabad ke-19 danpermulaanabad ke-20, ditemukanpadabeberapatempathasilseni yang dianggap orang paling tuahinggasaatini. Penemuantersebutmerupakanlukisan-lukisanpadadindinggua-gua yang terdapat di Perancis Selatan danSpanyol Utara seperti di Combaralles, Font de Gaume, Altamira, danAlpera.
Lukisan-lukisan yang dibuatpadadinding-dindingdanlangit-langitguatersebutdibuatdengandiguratataudicukildenganbatutajam. Cukilaninidiberiwarnamemakaibatudangklik) dicampurdenganlemakbinatangsebagaiperekatnya. Kebanyakanterdapatgambar-gambarbinatang bison atausapihutan. Ada jugaberuang, rusakutub, kuda liar, danbabihutan.

Ø  PeradabanBangsa-bangsaKuno
Bangsa-bangsatimur yang mendiamidaerahTimur Tengah dan Asia Kecil sertadaerahMesirdikenalsebagaibangsa-bangsa yang memilikiperadabantinggi. Di mesirkitadapatmenyaksikansisa-sisaperadabantinggidalambentukkaryaseniarsitektur, patung, sertalukisandinding yang bernilaitinggisepertipiramida, spinxserta relief-relief danlukisanpadadindingbagiandalamnya.
SelainbangsaMesir, bangsaBabilonia, Asiria, dan Persia merupakanbangsa-bangsa yang memilikikebudayaan yang tinggi.
BangsaYunanidanRomawiseringdijadikantitikawalperkembangansenirupa di dunia. Lukisan-lukisankaryapelukisYunanikunomenampilkanbentuk-bentukgeometris yang diterakanpadapermukaankeramik, jambangan, sertabenda-bendakerajinantanganlainnya. Sementaraitu, bangsaRomawikaryanyadapatkitasaksikan di dalamrumah-rumahbangsawan di kotaPompei.

Ø  SeniRupaZaman Abad Pertengahan
Periodeiniberlangsungmulaitahun 476 Masehiyaknipadaawalperkembngan agama Nasrani di Romawi, danberakhirpadatahun 1492, yaknipadasaatditemukannyabenuaAmerika. Karya-karyasenirupaabadpertengahanbanyakdipengaruhiolehcorakbudayaYuaniPurbadanRomawi yang menganutkepercayaanpolitheisme (menyembahbanyakdewa) dandicampurdenganajaran-ajaranNasrani. Padazamaninigerejamemilikipengaruh yang sangatbesar.

Ø  SeniRupaZaman Renaissance
Zaman renaissance merupakanzamanperubahanbesar-besarandalamberbagaibidangkeilmuandansenibudaya. Kemapanangerejamulaiterusikolehberbagaipertentangansertapenemuandalambidang-bidangkeilmuan.  Penemuan-penemuanbarudalambidanggeografi, fisika, astronomitelahdianggapsebagaihal yang menentangkeberaddan da kemapanan agama. Galileo (1564-1642), seorangahlifisika, ahliastronomidanjugafilsuf, ditangkapdandipenjaradengantanpaditentukanbataswaktunyakarenapenemuannyabertentangandengan hokum-hukum yang dipercayaigereja.
Tokoh-tokohsenirupa yang terkenalpadaperiodeiniadalah Leonardo da Vinci, Michelangelo, dan Rafael Santi. Karya-karyapentingpadamasainiterdapatpadabentuk-bentukbangunangereja, lukisan-lukisandinding, relief padapintu-pinturumahdanbangunangereja, sertapatung-patungperunggu yang menghiasihampirseluruhgereja di Italia sertaseluruhEropa Barat danEropaTimur.

Ø  SeniRupaZamanBarokdanRokoko
Kata Barok (baroque) berasaldaribahasaRomawi yang berarti “tidakberaturan” atau “menyimpang”. Michelangelo dan Palladio dianggapsebagaipelopordarigerakanini. ZamanBarokterlahirpadapertengahanabad ke-16 sebagaiawalmulapengaruhseni Italia keseluruhdaratanEropa.
Jikamisi renaissance adalahmelepaskandiridaricaraberpikirzamanpertengahandandipenuhipolapikirgereja, makabarokmelepaskandiridariketerikatantema-temasertanuasnsa-nuansa yang terkandungpadamasa renaissance. Lukisan-lukisanpadazamanbarokterkesanberlebihandarikeadaansebenarnya. Peter Paul Rubens (1577-1640), seorangsenimanBelanda, melukiskantubuh-tubuh orang penuhdenganotot-ototsertatokoh-tokohperkasa.
Rococo diambildari kata “rocaile” yang berartisenikulitkerang, sejeniskesenian yang sangatdigemaripadasaatitu di Italia. Padazamaninilahbentuk-bentukpenyelewengankaidahsenitampilmeluas. Lukisan-lukisandibuatmenjadilebihindahdariaslinya, lebihhebat, danmenyimpangdarisebenarnya. Karyasenimenjadibarangpesanankaumbangsawandansaudagar yang memilikibanyakuang. Padazamaninikkarysenidiperjualbelikansecarasalahdanmenjadikomoditas yang tidakberharga.



Ø  SeniRupa Abad ke-19

Penggaliankembalicorak-corak lama, seperti yang terdapatpadagaya-gayaYunaniPurbadanRomawitelahmelahirkanaliran-aliranbaru yang dikenaldenganalisanklasikdan neo klasismedalamsenilukisdansenipatung.
Beberapacatatanpenting yang dapatdisajikandalamperkembangansenirupapadaabad ke-19 iniadalahsebagaiberikut:
1)      Munculnyaberbagaialiransenirupasepertiromaantisme, impresionisme, realism, simbolisme, munumentalisme, dll.
2)      Terlepasnyapengaruh agama, terutamagereja, daricorak, gayasertanafaskeseniansecaraumum.
3)      Para pelukissemakinberanimelakukanpercobaandenganberbagaipenggunaanwarnacerahsebagaipencurahanemosidanpemikiran.
4)      Senimanbukanlagidarikalanganbangsawanataumemiliki status social tinggi, melainkanjugabanyak yang berasaldarikalanganbawah.
Beberapatokohseniman yang terlahirpadaabad ke-19 danmewakilialiran-aliran yang dianutnyaadalahsebagaiberikut:
1)      Klasisisme : arsitekBartholomeVignon (1762-1846), pelukis Jacques Louis David (1748-1825)  
2)      Romantisme :Raden Saleh SjarifBastaman, Ludwig Richter, Kasper Friederich.
3)      Impresionisme : Jean Claude Monet, Eduard Manetdll
4)      Neo Impresioniesme : Paul Cezanne, Paul Gauguin, dll.
5)      Realisme  : George Hendrik Breitner, Auguste Rodin, dll.
6)      SimbolismedanMonumentalisme : Willian Blake, Pierre Puvis de Chavannes, dll
7)      Ekspresionisme : Vincent van Gogh, Eduard Munch, dll.

Ø  SeniRupa Abad ke-20

DenganpecahnyaPerangDunia I, timbullahberbagaigerakanperbaikandalambidangsenirupa yang meliputifisik, material, mental, dan spiritual. Berdirinya Negara-negarabarusebagaihasilperjuangannegeri-negerijajahanbangsaEropa, telahmembangkitkansemangatbarudalambidangsenirupa.
Aliran-aliran yang bermunculanpadaabad ke-20 iniantara lain fauvism yang dimotorioleh Henri Matisse, dll. Kubismemenampilkanpelukis Pablo Picasso, Leo Getel, dll. Futurismemenampilkantokoh-tokohpeuis Carlo CarradanBuidoSeverini. AbsolutismemenampilaknpelukisWassilyKadinsky.















KUNJUNGAN KE OBJEK WISATA (MUSEUM MPU TANTULAR)
Padapukul 10.00tanggal 16, Februri 2014, kami sampai di musemMpuTantular. Kami lalu menujureceptionis untuk membeli tiket masuk. Setelah mendapat tiket masuk kami lalu berkeliling museum MpuTantular .
Pada saat berkeliling museum kami bertemu dengan bapak Sadari selaku ahli dalam bidang seni rupa di museum mpu tantular.
Di museum Mpu Tantular terdapat banyak peninggalan peninggalan bersejarah,mulai dari arca – arca, prasasti, topeng topeng,lukisan, batik,dan masih banyak lagi.

HASIL PENGAMATAN DI MUSEUM MPU TANTULAR




Hasil Wawancara Mengenai Seni Rupa Di Museum Mpu Tantular
Menurut bapak sadari selaku ahli bidang seni rupa di museum mpu tantular. Museum mpu tantular mempunyai koleksi seni rupa yaitu mulai dari prasasti-prasasti, arca-arca, dan lukisan. Arca-arca sendiri terletak di lantai dasar dekat gedung Von Faber dan disekitar pintu masuk.

Arca DURGA MAHESASURAMARDHINI
Arca tersebut adalah salah satu koleksi dari museum Mpu Tantular. Arca DURGA MAHESASURAMARDHINI bersala dari candi jawi, pasuruan. Arca tersebut memiliki delapan tangan yaang menggambarkan kekuatan dan kesaktian Durga sehingga bisa mengalahkan Asura.



Lukisan Gencatan Senjata
Menurut Bapak sadari lukisan ini menggambarkan adegan genjatan senjata 30 oktober 1945 di depan gedung HVA Surabaya. Lukisan tersebut merupakan karya dari M. Sochieb, Tahun 1980







Lukisan Insiden Bendera
Bapak sadari menjelaskan lukisan Insiden Bendera ini merupakan adegan penyobekan bendera Indonesia (merah putih biru), menjadi merah dan putih pada tanggal 19 september 1945 lukisan ini menggambarkan kejadian di Hotel Yamato Tunjungan. Lukisan ini merupakan karya dari M.Sochieb 1980.




Kata Penutup


Demikian yang kami susun makalah ini. Kami mengucapkan banyak terima kasih yang telah mendukung dalam proses pembuatan makalah ini terutama para pembaca. Semoga makalah ini dapat berguna bagi anda para pembaca.

Namun dalam penyusunan makalah ini masih memiliki kekurangan, oleh sebab itu kami memberi pintu yang terbuka bagi para pembaca untuk memberikan masukan, saran, kritik. Tentu saran dan kritik dari kalian dapat menyempurnakan susunan makalah ini.


0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Powered By Blogger